5 Pemain Bola Termuda Saat Debut di Liga Indonesia Bersama Timnya

pemain bola termuda

Dunia sepak bola selalu kedatangan talenta muda berkualitas. Bukan untuk menggeser seniornya dengan sengaja, melainkan untuk memunculkan bibit-bibit baru pemain muda dunia. Saat ini, sudah banyak pemain bola termuda yang mulai menunjukkan kualitasnya baik di kandang sendiri maupun ketika bertanding melawan klub lain.

Tidak kalah dari negara lain, klub sepak bola dalam negeri pun berhasil menumbuhkan bibit unggul. Meski masih bermain dalam Liga Indonesia, kelihaiannya di lapangan tidak kalah dari para seniornya. Siapa sajakah pemain termuda pada saat debutnya? Simak uraian berikut:

1. Mochammad Supriadi

Dipercaya sebagai salah satu pemain bola termuda di Persebaya Surabaya pada Liga 1 2019, Supriadi pada saat itu baru berusia 17 tahun. Kelihatannya menarik perhatian pelatih hingga langsung didebutkan pada ajang nasional bergengsi ini. Pria bernomor punggung 11 ini merupakan kelahiran Surabaya asli, pada tanggal 23 Mei 2002 silam.

READ  7 Pemain Bola Gay Ini Diketahui Sebagai Penyuka Sesama Jenis

Sebelum berkarir di klub Persebaya, Supriyadi pernah membela Timnas U-16 dan U-17 sebelumnya. Supriyadi memiliki kisah menarik yang ternyata keinginannya menjadi pesepakbola sempat terhalang restu sang ayah. Pemain muda itu kini membuktikan pilihannya tersebut tidak salah dengan mencetak banyak prestasi di lapangan hijau.

2. Gunansar Mandowen

Mempunyai julukan sebagai pilar muda Persipura, Mandowen bermain sangat apik pada pekan ketiga Liga 1 2020 hingga dijuluki pemain muda terbaik. Sebelumnya, Gunansar Mandowen menjadi pemain termuda pada debutnya bersama Persipura di Liga 1 2018. Saat itu Mandowen baru menginjak usia 17 tahun.

Walaupun pada musim berikut Gunansar Mandowen tidak banyak merumput, ia selalu siap siaga di bangku cadangan. Meski begitu, Mandowen sudah mendapat kepercayaan dari pelatihnya sebagai pemain pengganti yang mumpuni. Julukannya sebagai mutiara dari ufuk timur bersama kedua rekan satu timnya, sangat cocok disematkan kepadanya.

3. Muhammad Raffli Syarahil

Gelandang kebanggaan PS Barito Putera ini lahir di Jakarta, 15 November 2020 silam. Ia debut menjadi pemain termuda bersama klubnya saat berusia 17 tahun di Liga 1 2018. Karirnya sebagai pesepakbola dimulai pada tahun 2009 ketika ia bergabung di Sekolah Sepak Bola ISS.

READ  Ingin Kaki Sekuat Pesepakbola? Ikuti Cara Melatih Otot Kaki Pemain Bola di Rumah

Pada tahun 2018, Raffli Syarahil dipercaya untuk ikut membela Timnas U-19 pada ajang Piala AFF u-19. Ini membuktikan, talentanya di lapangan hijau semakin diakui. Walau pada saat itu Indonesia hanya mampu menyabet posisi ketiga, Raffli telah membuktikan bahwa kualitasnya di lapangan tidak boleh dipandang sebelah mata.  

4. Asnawi Mangkualam Bahar

Debut di Liga 1 2017 pada usia 17 tahun 6 bulan, Asnawi Mangkualam pada saat itu menjadi yang termuda di tim PSM Makasar. Ia bergabung bersama para seniornya untuk mengharumkan nama klubnya tersebut. Telah tinggal cukup lama bersama Pasukan Ramang Ayam Jantan dari Timur, kini Asnawi dilepas untuk bergabung dengan tim Ansan Greeners, Korea Selatan.

READ  Pemain Bola Terkaya di Indonesia dengan Gajinya yang Fantastis

5. Beckham Putra Nugraha

Bobotoh tentu bangga memiliki pemain muda berbakat satu ini. Didapuk untuk ikut membela Persib Bandung pada Liga 1 2019, Beckham menjadi pemain termuda dengan usia 17 tahun. Ia lahir di tanah sunda pada 29 Oktober 2001. Beckham memiliki kakak yang juga merupakan pesepak bola, yang kemudian menularkan hobi bermain bola tersebut kepada dirinya.

Berkat kerja kerasnya yang gigih dan cita-citanya yang ingin seperti sang kakak, Beckam Putra berhasil debut dengan tim Maung Bandung tersebut. Walau diawal ia hanya mampu berada di posisi pemain pengganti, lambat laun kualitasnya mulai menggiring Beckham untuk menjadi pemain utama.

Itulah pemain bola termuda di timnya pada saat merumput di Liga Indonesia. Talentanya yang sudah terlihat sejak dini, membuat para pelatih tim masing-masing tidak ragu untuk merekrut pemain muda ini. Beberapa tahun kedepan, diharapkan kualitasnya semakin meningkat dan dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

You May Also Like

About the Author: Juniafi