5 Formasi Sepak Bola Terbaik, Ala Pelatih Kelas Dunia

formasi sepak bola terbaik

Memilih  formasi merupakan bagian terpenting dalam pertandingan sepakbola. Penyebabnya, tim yang dapat memilih dan menerapkan formasi dengan baik dalam pertandingan, maka  berpeluang untuk meraih kemenangan. Namun hasilnya tergantung oleh strategi pelatih dan kemampuan pemain yang tersedia. Nah, seperti apakah formasi sepak bola terbaik ala pelatih kelas dunia?  Berikut ini ulasan selengkapnya:

1. Menggunakan Formasi 4-3-3

Formasi 4-3-3 merupakan formasi yang banyak digunakan oleh klub besar seperti Real Madrid, Barcelona, dan liverpool asuhan Jurgen klopp. Alasannya, karena formasi tersebut sangat efektif ketika melakukan serangan ke pertahanan lawan. Hal itu disebabkan oleh komposisi 3 gelandang dalam formasi 4-3-3. 2 gelandang berfungsi sebagai distributor bola.

Sedangkan 1 gelandang lainnya, berfungsi untuk memotong alur serangan lawan. Agar tidak membahayakan lini pertahanan. Sementara itu 3 penyerang bertugas untuk membongkar pertahanan lawan. Hal itu bisa dilakukan dengan cara 2 penyerang sayap bergerak cepat untuk mengirim umpan kepada penyerang tengah, ataupun  melakukan tembakan  ke arah gawang.

READ  5 Pemain Bola Termuda Saat Debut di Liga Indonesia Bersama Timnya

Formasi 4-3-3 ini ampuh mengantarkan beberapa klub meraih juara di antaranya, Liverpool menjuarai Liga Primer Inggris musim lalu, setelah  tidak juara selama 30 tahun. Lalu ada Real Madrid asuhan Zinedine Zidane yang berhasil menorehkan tinta emas, yaitu juara Liga Champions tiga kali. Kemudian,  Barcelona dengan total 13 gelar bersama Guardiola.

2. Memakai Formasi 4-4-2

Formasi 4-4-2 adalah formasi andalan Sir Alex ferguson,  ketika Manchester United meraih treble winner tahun 1999. Formasi ini mengandalkan skema 4 bek. 2 bek berada di jantung pertahanan. Sementara itu, 2 bek akan sayap memegang tugas ganda, yaitu bertahan dan sesekali maju untuk membantu serangan.

Lalu di lini tengah, menempatkan 4 gelandang sejajar yang memiliki tugas berbeda. Yakni memotong serangan lawan. Sedangkan  2 gelandang sayap mengirim umpan kepada kedua penyerang. Kemudian, posisi penyerang dalam formasi 4-4-2 memegang peranan penting sebagai eksekutor peluang untuk mencetak gol.

Sementara itu, selain Sir Alex Ferguson formasi 4-4-2  masih ada pelatih lain yang masih setia menggunakan formasi tersebut. Yakni, Shin Tae Yong merupakan mantan pelatih Korea Selatan, yang kini melatih Timnas Indonesia. prestasi terbaiknya adalah mengalahkan Jerman dengan skor, 2-0.

READ  Pemain Bola Termiskin Didunia Setelah Pensiun

3. Chelsea & Inter Juara Dengan Formasi 3-4-3

Formasi 3 bek saat ini menjadi tren, di sepakbola eropa. Tercatat ada beberapa pelatih yang gemar menggunakan formasi 3 bek, salah satunya,  Antonio Conte yang berhasil membawa Inter merajai Liga Italia musim ini, dengan formasi 3-4-3 andalannya. Catatan tersebut sekaligus membuat Conte berhasil memutus dominasi Juventus di pentas Liga Italia.

Selain itu adapula, Thomas Tuchel seorang mantan pelatih PSG yang berhasil membawa Chelsea menjuarai Liga Champions tahun ini dengan skor tipis, 1-0 melawan Manchester City.  Setelah sebelumnya, hanya berhasil membawa PSG menjadi finalis setelah kalah 1-0 dari Bayern Munchen di babak final.

Kunci sukses dari formasi 3-4-3 ala Tuchel dan Conte adalah  bek sayap kedua tim yang aktif dalam menyerang.  Sehingga membuat opsi serangan lebih variatif. Tidak hanya berasal dari tengah, maupun 3 pemain depan. Hal itu membuat formasi 3-4-3 menjadi salah satu formasi sepak bola terbaik dunia.   

4. Formasi 4-1-4-1 Guardiola, Antar Bayern Munchen Raih 2 Gelar

Setelah mengundurkan diri dari Barcelona tahun 2013. Guardiola mencoba merantau ke Jerman, dengan bergabung ke Bayern Muenchen. Guardiola memakai formasi 4 bek 1 gelandang bertahan untuk memberi tambahan proteksi di pertahanan. Sementara itu, 4 pemain di lini tengah membantu  menyuplai bola kepada striker. Hasilnya, Pep berhasil membawa Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga dan Piala  DFB Pokal.

READ  Pemain Bola Terkaya di Indonesia dengan Gajinya yang Fantastis

5. Masa Kejayaan AC Milan dengan Formasi Cemara 4-3-2-1

Formasi 4-3-2-1 ala Ancelotti pernah membawa Ac Milan Menjuarai Liga Champions 2007, yang digelar di Athena. Hasilnya Ac Milan menang dengan skor 2-1. Kedua gol Milan dicetak oleh Filippo Inzaghi. Sedangkan, Liverpool hanya bisa membalas melalui gol Dirk Kuyt.

Kesuksesan Ancelotti memenangi Liga Champions tidak terlepas dari formasi favoritnya, yaitu 4-3-2-1. Formasi ini memakai formula 4 bek, dan 3 gelandang tengah memiliki fungsi untuk menghalau serangan lawan. Serta,  2 gelandang serang untuk membantu mengirim bola  kepada penyerang Milan untuk mencetak gol.

Demikianlah, ulasan lengkap mengenai 5 formasi sepak bola terbaik. Semoga, dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai susunan formasi yang dipakai oleh pelatih berkelas dunia. Sehingga, dapat menjadi referensi bagi pembaca untuk memahami jenis-jenis formasi sepakbola.

You May Also Like

About the Author: Juniafi