Ingin Kaki Sekuat Pesepakbola? Ikuti Cara Melatih Otot Kaki Pemain Bola di Rumah

cara melatih otot kaki pemain bola

Saat menonton sepak bola mungkin pernah bertanya-tanya, bagaimana para pesepakbola bisa kuat berlari? Jawabannya adalah latihan otot kaki yang rutin. Tidak cuma otot badan, kaki juga memiliki otot yang harus dilatih supaya kuat. Jika ingin kaki kuat seperti pesepakbola, ikuti 6 cara melatih otot kaki pemain bola di rumah ini:

1. Rutin Olahraga Skipping

Skiping bisa dibilang sebagai olahraga santai dan fleksibel, karena bisa dilakukan dimana saja. Cara melatih otot kaki pemain bola satu ini sangat sederhana, hanya memerlukan tali saja untuk melompat. Manfaat skipping ialah melatih otot kaki dan betis, serta dapat meluruhkan lemak.

Cukup lakukan skipping selama 15 hingga 30 menit sehari. Pemain sepakbola biasa melakukan skipping untuk memperkuat lompatan, serta mengatur napas. Dijamin jika rutin melakukan skipping, otot kaki untuk melompat pasti lebih kuat.

READ  Pemain Bola Termiskin Didunia Setelah Pensiun

2. Cobalah Melatih Otot Kaki dengan Lunges

Lunges juga merupakan olahraga yang santai dan fleksibel, namun mempunyai banyak manfaat. Latihan ini sangatlah mudah, bahkan tidak memerlukan alat apapun. Cukup berdiri kemudian kaki sejajar bahu, setelah itu melangkahkan satu kaki ke depan. Turunkan badan sehingga kaki yang di depan menekuk, sementara kaki di belakang lurus.

Lakukan Lunges sebanyak 8 kali dalam 4 set, dengan berganti kaki setiap hitungan berganti. Biasanya pesepakbola melakukan Lunges untuk memperkuat tendangan. Tendangan akan semakin keras, karena otot paha yang kuat dengan gerakan Lunges.

3. Lari Cepat

Lari cepat menjadi cara melatih otot kaki pemain bola paling penting, sebab melatih kestabilan dan kelincahan berlari. Jangan mengira lari cepat yang dilakukan ialah sprint, sebab lari cepat yang dilakukan ialah lari cepat ditempat. Jadi hanya perlu berdiri sambil badan atas diturunkan sedikit, kemudian mulai mengangkat kaki seperti berlari. Biasanya ketika mulai terbiasa, gerakan lari cepat di tempat ini sangatlah mudah. Lakukan lari cepat selama 3 menit, sebanyak 5 sampai 7 kali. Dijamin otot kaki bagian bawah akan terlatih, dan menjadi lebih lincah.

READ  5 Formasi Sepak Bola Terbaik, Ala Pelatih Kelas Dunia

4. Rajinlah Melakukan Squat

Banyak yang menyangka jika Squat hanya mengencangkan otot perut. Padahal Squat juga bermanfaat menguatkan paha, serta menguatkan bagian tulang ekor. Gerakan Squat memang terlihat gampang, namun benar-benar sangat melelahkan. Berdiri sejajar bahu, kemudian tekuk kaki hingga seperti jongkok lalu berdiri lagi. Seperti itulah gerakan Squat, yang memang sangat sederhana. Lakukan gerakan Squat sebanyak 8 kali dalam 4 set, atau bisa sesuai kemauan. Dijamin otot paha akan terbentuk, dan bagian kaki akan terlihat lebih kokoh.

5. Coba Lakukan Leg Extension

Leg Extension memang biasanya dilakukan di gym memakai alat, namun Leg Extension juga bisa dilakukan di rumah. Caranya posisikan tubuh seperti push up, kemudian turunkan bagian lutut ke bawah. Jangan sampai bagian lutut mengenai dasar, dan buat bagian badan atas menjadi lebih tinggi. Jika masih kesulitan, cobalah posisikan kaki di sofa atau benda apapun untuk menopang. Gerakan ini sangat membantu pemain dalam hal keseimbangan.

READ  Ingin Tahu 5 Nama yang Termasuk dalam Isu Transfer Pemain Bola? Ini Ulasannya

6. Jump Box

Terakhir ialah Jump Box yakni berlari dengan kaki naik turun di kotak. Tidak cuma memakai kotak, namun bisa juga memanfaatkan tangga rumah sebagai pijakan. Hati-hati saat melakukan Jump Box, karena rawan terpeleset atau tergelincir. Jadi usahakan pilih pijakan yang tidak begitu tinggi. Lakukan sebanyak 50 sampai 100 kali dalam sehari. Manfaat Jump Box ialah untuk menguatkan otot betis, serta menguatkannya.

Lakukan cara melatih otot kaki pemain bola diatas dengan rutin. Bila rutin dan rajin, pastinya kaki kuat dan lincah pemain bola bisa didapatkan. Selain melatih kekuatan otot kaki, gerakan di atas juga sebagai bentuk menjaga kesehatan tubuh.

You May Also Like

About the Author: Juniafi